Resep Lempeng Sagu

Resep Lempeng Sagu. Kita mengenal sagu sebagai salah satu bahan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sekalipun kehadiran tepung sagu tidak setenar tepung terigu atau tepung maizena, kehadirannya membuat banyak ragam panganan yang bisa dibuat.

Jika Anda ingin membuat berbagai panganan yang terbuat dari bahan sagu, jangan ragu untuk berkreasi, ada banyak resep kue yang bisa Anda coba, dengan rasa yang tidak kalah lezat dari kur yang terbuat dari tepung terigu. Beruntung jika Anda mengunjungi daerah Papua atau Maluku, di sana ada banyak sagu dijual dalam berbagai bentuk yang siap olah. Apalagi daerah Riau, atau tepatnya Selat Panjang, merupakan pusat kota sagu yang ada di sumatera.

Resep Lempeng Sagu
Tidak hanya tepung, Anda bisa mendapat sagu siap olah dalam bentuk lempengan. Biasanya sagu bentuk lempengan ini berwarna merah pucat kecoklatan. Bingung bagaimana mengolah sagu lempeng atau sering disebut sagu rumbia ini? Jangan khawatir, ini dia cara mengolah sagu rumbia.

Bahan-bahan :
  • ½ kg sagu
  • 1 buah kelapa
  • Kacang arcis, jagung manis, wortel, dan garam halus secukupnya

Cara Membuat :
  1. Sagu disangrai di atas api kecil, kemudian lalapan yang sudah diparut dan garam halus dimasukkan sambil terus dipercikkan air, diaduk hingga rata.
  2. Setelah matang, sagu tersebut diangkat dan dipindahkan ke teflon ukuran sedang, lalu diletakkan di atas api kecil lagi, kemudian sagu tersebut ditekan pakai sendok.
  3. Biarkan selama 10 menit, kemudian dibalik dan biarkan lagi selama 10 menit, lalu diangkat.
  4. Siap untuk disantap dalam keadaan panas.
Sumber : melayuonline.com